DistrO.....Jakarta Clothing Expo '09

Anak muda jaman sekarang pasti lah ya pada kenal yang namanya Distro (Distirbution Outlet atau Distibution Store). Bisa dipastikan anak SMP, bahkan anak kuliah cukup akrab dengan berbagai atribut Distro.

Fenomena Distro ini masih terjadi di kota-kota besar, tapi kemungkinan juga akan melebarkan sayapnya sampai ke pelosok (burung kali melebarkan sayap.... ^_^ ).

Mengamati Distro di negeri ini memang unik, walaupun krisis menghadang negeri ini, tapi tetap aja yang namanya Distro tetap rame bo' dikunjungin orang.

Hal ini cukup wajar ketika melihat Distro dalam kerangka industri kreatif, artinya ketika daya kreatifitas itu masih ada bisa dipastikan Distro akan tetep eksis.

Yang cukup bisa dibanggakan yaitu mereka yang berkecimpung dengan dunia ini bisa dikatakan rata-rata masih berusia muda. Perkembangan Distro di Indonesia semakin hari semakin pesat, hal ini bisa dilihat dengan makin menjamurnya Distro.

Nah untuk menyatukan mereka, ada nih asosiasinya yaitu Indonesian Independent Clothing Association (IICA).....hhmm...bener ga ya????? yang didalamnya terdiri dari beberapa anak muda yang akan menggelar pesta Indie yang melibatkan berbagai komunitas indie, serta ratusan Distro yang tersebar di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Malang, Makasar bahkan dua Distro diantaranya berasal dari Malaysia.

Pesta yang diberi nama Jakarta Clothing Expo 2009 atau singkatnya Jakcloth 2009 akan digelar di Plaza Tenggara Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta antara tanggal 26 hingga 28 Juni 2009 mendatang.

Selain menggelar berbagai kreasi clothing dari 200-an Distro, pesta ini juga akan diramaikan berbagai band indie yang selama ini memang cukup akrab di telinga anak muda seperti Endang Soekamti, After Coma, Locomotive, Alexa, Bangkutaman, The Sigit dan lainnya.

Selain band indie, di area Jackcloth 2009 para pengunjung juga bisa mengikuti Skateboard Exhibition maupun perlombaan Desain T-shirt. Untuk menambah kemeriahan acara, panitia menyediakan Cinema Park yang akan memutar film-film indie karya anak muda Indonesia serta pemecahan rekor MURI berupa kaos Clothing terbesar di Indonesia.

Kayanya acaranya cukup bagus....lumayan lah x aja bajunya produknya murah-murah...

Meski ada segudang nilai positif dalam perkembangan Distro saata ini, tetap aja ada kekhawatiran yang berkembang, yaitu para remaja akan menjadi sedikit konsumtif dalam berbelanja sebuah produk yang mereka sukai. Mungkin sebagian di antara mereka akan terlalu fokus untuk mendandani fisik mereka semata dengan keinginan bisa tampil beda dengan orang lain.

Namun, secara keseluruhan perkembangan distro di Indonesia saat ini tetap memberikan sebuah pengaruh positif bagi perkembangan dunia mode pakaian hingga memberi pembelajaran tentang kreatifitas dan kemandirian mendirikan sebuah usaha.

2 komentar:



genialbutuhsomay said...

pertamaxxx...

Perputaran uang di distro sangat cepat karena sesuai dengan karakteristik barang yang dijual.kalangan anak muda seringkali mengikuti mode dengan tren baru,selalu membawa pengaruh yang besar bagi mereka,Makanya barang yang dijual di distro berganti dengan cepat.walau skala bisnisnya tidak begitu besar namun banyak diminati.

itulah kiranya focus anak muda tersedot ke situ :p

sayangnya... iia yg kek bieya bilang.. bagi kalangan anak muda, hal ini di identikkan dengan gaya hidup yang hedonis.

Tapi buuu... Setiap hal akan memberikan dampak positif jika berada pada tempat dan takaran yang semestinya.

ople said...

Oke...